Wednesday, March 26, 2014

Pengertian Recount Text Contoh dan Ciri-ciri

Pengertian Recount Text dan Contoh - Dalam pelajaran bahasa Inggris kita kadang dituntut untuk membaca, menulis dan bahkan untuk bercerita baik itu kejadian yang sedang terjadi ataupun kejadian di masa lampau. Dan dalam bahasa inggris menceritakan kembali kejadian di masa lampau termasuk ke dalam Recount Text. Tapi terkadang kita masih dibuat bingung apa perbedaan antara Recount Tex dengan Narrative Text . Dan kali ini kita akan membahas apa itu recount Text?

Recount Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris yang menceritakan kembali kejadian atau pengalaman di masa lampau. sehingga dapat didefinisikan Recount text bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kejadian atau kegiatan dengan tujuan menghibur pembaca yang tentunya tanpa konflik didalam cerita tersebut. Kalau membicarakan masalah perbedaannya apa dengan Narrative Text yakni pada Recount Text tidak terdapat komplikasi seperti yang ada pada Narrative Text.

Dalam tahap penceritaan Recount Text terdapat tiga bagian yakni orientation, events dan reorientation. Pada tahap orientation, kita memberikan informasi tentang siapa, dimana, dan kapan peristiwa itu terjadi di masa lampau. Paragraf selanjutnya Event, pada paragraf ini menceritakan rekaman peristiwa yang terjadi yang disampaikan dalam urutan kronologis, seperti "In the first day, I ... . And in the next day ... . And In the last day ...". Dan biasanya dalam bagian Event ini juga diceritakan komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan. Dan pada paragraf terakhir yakni reorientation, pada bagian ini ada pengulangan pengenalan yang ada di orientation. Dimana pada pengulangan ini diceritakan rentetan peristiwa , dan kejadian yang diceritakan.

Dalam tata bahasa Recount Text memiliki ciri tersendiri dalam bahasa penyampaiannya. Berikut ada beberapa ciri Recount Text yang dapat anda pelajari.
1. Menggunakan Action Verbs. Misalkan went, slept, run, brought, etc.
2. Menggunakan Conjunction dan Time Connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian. Misalnya and, but, the, aftar that, etc.
3. Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk mengungkapkan tempat, waktu dan cara. Misalkan yesterday, at my house, slowly, etc.
4. Menggunakan Past Tense. Misalkan we went to zoo, I was happy, etc.

Contoh Recount Text : A Suprising Day


One day, on March 3,2009, I woke up early. I found my house was strange. No one there including my parents and my brothers, Lucky and Rizky. I was so confused where they were.
Then, I walked to the kitchen and what happened?. The door was difficult to open. Because I was so hungry, I still tried to open the door by pushing it hardly.
Finally, the door was opened. I was suprised because all of my family members were there and suddenly sang a birthday song together. My mother brought a big cake which there were two candles “number 1 and 7” on its top. Actually, it was my 17th birthday.

Although there was not a big party to celeberate my 17th birthday, I still felt very happy.

Nah itulah pengertian dari Recount Text. Serta ciri - ciri bahasa recount Tex yang dapat anda pelajari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment