Tuesday, February 11, 2014

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Perorangan dan Umum

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Perorangan  - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dimana yang dahulu bernama PT Askes ini membuka program kesehatan yang mencakup kesemua strata sosial dari buruh, wiraswasta, TNI, Polri hingga Pegawai Negeri Sipil. Seperti peraturan presiden nomor 12 tahun 2013 ini, program BPJS dibagi menjadi dua jenis, yaitu Peserta PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Non PBI

Untuk peserta BPJS-kesehatan PBI, peserta ini adalah dari golongan yang tidak mampu sehingga premi akan dibiayai oleh pemerintah, sedangkan untuk peserta Non PBI adalah peserta yang merupakan pekerja penerima upah, pekerja bukan penerima upah, dan bukan pekerja.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

 Untuk mendaftar sebagai peserta PBJS ada dua cara yang bisa anda lewati, yaitu mendaftar secara manual dengan langsung datang ke kantor BPJS dengan membawa persyaratan seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga dan paspor apabila dibutuhkan. Cara kedua adalah mendaftar melalui online di website resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id.

Cara daftar BPJS Kesehatan Online

1. Masuk website di www.bpjs-kesehatan.go.id.
2. Masuk ke layanan peserta kemudian pilih pendaftaran peserta
3. Anda diharuskan mengisi formulir pendaftaran. Pastikan anda isi dengan benar.
4. Setelah anda mengisi formulir, nantinya petugas BPJS kesehatan akan menghubungi anda.

Perlu anda ketahui untuk anda yang masuk dalam kategori peserta Non PBI, untuk iuran perbulannya sesuai dengan jenis tipe kamar inap yang anda inginkan. dibawah ini iuran untuk masing-masing kelas kamar inap

Kamar Inap Kelas I ----> Iuran per bulan Rp. 59.500
Kamar Inap Kelas II ---> Iuran per bulan Rp. 42.500
Kamar Inap Kelas III --> Iuran per bulan Rp. 25.500

Nah demikan infromasi yang dapat Lio Ngeblog berikan kali ini mengenai Cara Daftar BPJS Kesehatan Online untuk Karyawan Swasta, Pegawai Negeri ataupun TNI Polri. Bila dirasa jelas anda bisa langsung datang ke kantor pusat BPJS Kesehatan atau melalui cabang terdekat dikota anda.

1 comment: