Wednesday, March 26, 2014

Pengertian Narrative Text dan Contoh

Pengertian Narrative Text dan Contoh - merupakan sebuah karangan yang menceritakan kejadian yang telah dialami. Dalam pelajaran di SMP maupun di SMA pasti kita telah mendapatkan pelajaran cara membuat Narrative Text. narrative Text sama seperti Recount Text, Anecdote Text, spoof Text dan juga News Items Text. Dima penulisan Narrative ini berfungsi untuk menceritakan kembali kisah di masa lampau yang sifatnya menghibur.

Struktur penulisan Narrative Text ini juga hampir sama dengan Recount Text yakni terdapat tiga bagian yaitu Orientation, Complication, dan bagian terakhir resolution. Pada bagian orientation berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya. Kemudian pada bagian Complication berisi  tentang gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan.

Dan pada akhir bagian yakni Resoluition, pada bagaian ini berisi bagaimana tokoh dalam cerita tersebut memecahkan masalah yang dihadapinya di bagian complication. Dan biasanya terdapat lebih dari resolution untuk satu complication.

Setelah resolution, ada beberapa referensi yang menambahkan coda setelahnya. Coda berisi tentang perubahan yang etrjadi pada tokoh dan pelajaran atau makna yang dapat dipetik dari cerita tersebut. Sehingga susunan Narrative text menjadi Orientiation, Complication, Resolution dan Coda.

Dalam mendeteksi adanya bahasa penulisan Narrative Text, kita dapat melihat dari ciri - ciri berikut yang biasa ada dalam penulisan Narrative Text
1. Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
2. Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
3. Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
4. Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
5. Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.

Contoh Narrative Text Legend Of Surabaya

A long time ago, there were two animals, Sura and Baya. Sura was the name of a shark and Baya was a crocodile. They lived in a sea.
Once Sura and Baya were looking for some food. Suddenly, Baya saw a goat.
“Yummy, this is my lunch,” said Baya.
“No way! This is my lunch. You are greedy” said Sura. Then they fought for the goat. After several hours, they were very tired.

Feeling tired of fighting, they lived in the different places. Sura lived in the water and Baya lived in the land. The border was the beach, so they would never fight again.
One day, Sura went to the land and looked for some food in the river. He was very hungry and there was not much food in the sea. Baya was very angry when he knew that Sura broke the promise.
They fought again.
They both hit each other. Sura bit Baya's tail. Baya did the same thing to Sura. He bit very hard until Sura finally gave up and Awent back to the sea. Baya was happy.

Nah itulah pengertian, fungsi, maupun ciri - ciri penulisan Narrative Text yang dapat saya share dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang baru belajar bahasa Inggris, semoga memudahkan anda dalam memelajarinya.

No comments:

Post a Comment