Tuesday, March 4, 2014

Cara Membuat Donat Kentang yang Enak dan Empuk | Resep Donat Kentang

Cara Membuat Donat Kentang yang Enak dan Empuk - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu makanan ini. Donat merupakan makanan berbentuk bulat yang bolong ditengahnya. Donat sering disajikan hanya dengan gula halus atau sering diberi variasi dengan toping - toping yang menarik seperti meses, keju, blueberry atau yang lainnya. Bisa dibilang penggemar donut sangatlah banyak karena rasanya yang enak, manis, dan empuk. Tapi sering juga lho yang membuat sendiri tapi rasanya bantet alias tidak empuk. Pada kesempatan kali ini akan saya share bagaimana cara membuat Donat kentang yang enak dan empuk.

Resep Donat Kentang

Cara membuat donat kentang yang enak dan empuk snagtlah mudah. Bahan - bahan yang digunakan untuk pembuatan donut ini juga mudah dicari, karena sudah tersedia di semua toko penjual bahan roti. Berikut resep cara membuat donat kentang yang enak dan empuk.

Bahan yang digunakan

    1/2 kg tepung terigu - pilih yang berprotein tinggi
    50 gram susu bubuk
    1/4 kg kentang ( bersihkan , kukus , di blender sampai halus, biarkan sampai dingin )
    4 butir kuning telur
    1 sachet ragi instant
    75 gram mentega
     1 ons gula pasir
    100 ml air
    1/2 sdt garam
    minyak goreng 1-2 liter
    serbuk coklat ( cerres ), gula halus, keju  (pilih toping sesuai selera)

Cara Membuat Donat Kentang yang Enak dan Empuk

Campur tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, gula pasir , aduk hingga merata. kemuadian Tambahkan kuning telur, kentang blender dan air, aduk hingga merata. setelah itu tambahkan garam dan mentega , aduk hingga elastis, dan biarkan selama 15-20 mneit. Setelah kurang lebih 20 menit, ambil semua adonan tersebut, dibagi bagi kecil kemudian dibulatkan membentuk gelang hingga mengembang ( kira-kira 20 menit ).

Siapkan minyak panas untuk menggoreng. kemudian masukkan donat yang sudah dibulatkan tadi, goreng hingga berwarna kekuningan. Kemudian Angkat, dan tiriskan hingga kering. langkah terakhir taburi donat tersebut dengan serbuk coklat atau gula halus. Atau dapat juga diolesi dengan mentega dan kemudian taburkan parutan keju atau meses.

Nah, itulah cara membuat donat kentang yang enak dan empuk. Cukup mudah kan cara pembuatannya. Selamat mencoba membuat donat kentang, siapa tahu ini bisa menjadi ladang bisnis usaha anda.

No comments:

Post a Comment