Tuesday, January 14, 2014

Pengertian Limbah dan Contoh Limbah

Pengertian Limbah dan Contoh Limbah - Update lagi postingan dari Lio Ngeblog kali ini, dalam kesempatan yang baik ini akan dibahas mengenai permasalahan limbah, baik pengertian ataupun definisi dari limbah itu sendiri serta lengkap dengan contoh-contoh limbah. Bila melihat berita beberapa hari ini, yang sering membahas daerah yang sering dilanda banjir dimana faktor yang paling berpengaruh disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, ataupun limbah limbah sisa hasil produksi yang tidak dikelola dengan baik.

Pengertian Limbah

Pengertian Limbah adalah sisa hasil produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga, yang lebih dikenal sebagai sampah) atau juga dapat dihasilkan oleh alam yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis.

Nah dibawah ini merupakan pembagian limbah berdasarkan sumber, sifat serta bentuknya lengkap dengan contoh limbah

1. Berdasarkan bentuknya, limbah dibedakan menjadi tiga yakni berbentuk gas, cair dan padat.
  • contoh limbah cair : Rembesan AC, Air cucian, air sabun, minyak goreng buangan, dll
  • contoh limbah padat : Bungkus jajanan, plastik, ban bekas,dll
  • contoh limbah gas :  Karbon Dioksida (CO2), Karbon Monoksida (CO), SO2,HCL,NO2, dll

2. Berdasarkan sifatnya, limbah dibagi menjadi dua yakni:

  • Limbah Organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikan (mudah membusuk), limbah organik mengandung unsur karbon. Contoh limbah organik dapat anda temui dalam kehidupan sehari-hari, contohnya kotoran manusia dan hewan.
  • Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk di uraikan (tidak bisa membusuk), limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalah Plastik dan baja.

3. Berdasarkan sumbernya, limbah dibagi menjadi 3 (tiga) yakni :
  • Limbah Alam
  •  Limbah Manusia
  •  Limbah Konsumsi

Jaga selalu lingkungan anda, karena kebersihan lingkungan berawal dari kesadaran diri kita masing-masing untuk hidup bersih. Nah diatas merupakan pengertian limbah lengkap dengan contohnya. Semoga dengan postingan kali ini dapat lebih menambah wawasan serta pengetahuan anda. Simak terus informasi yang Lio Ngeblog berikan karena akan selalu diupdate tiap harinya

No comments:

Post a Comment