Monday, January 13, 2014

Budidaya Kroto | Cara Ternak Kroto Semut Rangrang di Toples

Budidaya Kroto | Cara Ternak Kroto Semut Rangrang di Toples - bagi anda yang saat ini berniat membuka usaha sendiri, usaha kroto saat ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Seiring dengan naiknya komunitas ataupun pencinta burung dan ikan hias karena secara tidak langsung juga mendongkrang kebutuhan akan kroto yang notabene adalah makanan kesukaan burung serta makanan untuk ikan hias. 


Budidaya Kroto

Budidaya kroto sangatlah mudah dilakukan karena hanya dengan memanfaatkan barang yang mudah di dapatkan seperti toples ataupun bambu namun yang paling sering digunakan adalah toples. untuk memulai Budidaya kroto ini tidak membutuhkan modal yang besar karena yang anda perlu siapkan adalah Toples, nampan, plester dan batu bata untuk dudukan saja. Untuk perkiraan biaya yang diperlukan tidak sampai Rp.100 ribu tergantung berapa banyak semut rangrang yang anda pelihara untuk budidaya kroto ini.

Cara Budidaya Kroto
1. Pada bagian bawah toples buatlah lubang dengan diameter 3 sampai 5 cm

Pakan Semut Rangrang
1. Biasanya untuk pakan semut rangrang adalah ulat hongkong ataupun jenis ulat yang lain.
2. Untuk minum berikan dua macamyaitu air gula yang agak kental dan air putih biasa

Cara Panen Kroto
Sebelum anda memanennya, alangkah baiknya persiapkan bahan seperti :
1. sarung tangan karet agar tidak terkena gigitan semut rangrang,
2. tepung untuk dioleskan pada sarung tangan agar tidak lengket,
3. dua buah ember untuk nantinya membongkar toples dan menempatkan hasil panen.

Setelah jaring robek kroto dapat diambil dan akan jatuh kebawah, tadah kroto yang jatuh di ember yang telah disediakan.

Saran untuk anda yang ingin berwirausaha dengan menggeluti budidaya kroto ini adalah lakukan dengan telaten, sabar agar menghasilkan kroto yang maksimal. Semang saat baru pertama kali melakukan akan terasa susah, namun bila anda lakukan secara telaten dan rajin melakukan perawatan kepada semut rangrang, niscaya kroto yang dihasilkan akan bagus baik dari segi kualitas ataupun kuantitasnya.

No comments:

Post a Comment