Thursday, November 28, 2013

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Terbaru 2013

Harga Tiket masuk candi Borobudur Terbaru 2013 - Liburan Natal dan Tahun Baru 2014 akan segera datang. Tidak ada salahnya merencanakan liburan bersama keluarga tercinta. Liburan ke Candi Borobudur dapat menjadi pilihan anda untuk liburan kali ini. CandiBorobudur memiliki nilai sejarah yang tinggi dan pernah masuk dalam tujuh tempat keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di daerah Magelang. Sebelum liburan ke Magelang, kita simak yuk tentang Candi Borobudur dan sejarah dibalik bangunannya.

Harga Tiket masuk candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan Candi Budha yang memiliki 1460 relief dan 504 stupa. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga (kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra) yang telah dibantu rakyatnya. Borobudur memiliki arti gunung yang berteras - teras ( budhara ) dan sebagian orang mengartikannya biara di tempat tinggi.

Bentuk Candi Borobudur punden berundak 10 tingkat dengan tingginya 42 meter dimana setelah direnovasi hanya memiliki tinggi 34,5 meter.  Pada setiap tingkatan Candi ini melambangkan tahapan kehidupan manusia. Bagian dasar adalah Kamadhatu (perlambang manusia yang masih terikat nafsu), diatasnya bernama Rupadhatu (perlambang manusia yang telah membebaskan diri dari nafsu tetapi masih terikat rupa dan bentuk: terdiri dari empat tingkatan), Arupadhatu (manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk terdiri dari tiga tingkatan) dan yang teratas adalah Arupa (lambang nirwana tempat Budha berdiam). Pada setiap tingkatan candi Borobudur memiliki relief - relief indah yang menceritakan kisah Ramayana, menceritakan kondisi masyarakat pada saat itu seperti pertanian dan pelayaran.

Itulah sedikit ulasan mengenai Candi Borobudur, pasti tertarik kan ingin mengunjunginya. Berikut tarif yang dikenakan untuk masuk ke Candi Borobudur.
  1. Umum Wisatawan Nusantara (umur 6 tahun keatas)                   Rp.  30.000
  2. Anak - Anak Wisatawan Nusantara (umur dibawah 6 tahun)      Rp.  12.500
  3. Wisatawan Nusantara rombongan pelajar/mahasiswa                  Rp. 12.500
  4. Umum Wisatawan Mancanegara (Umur 6 tahun keatas )             Rp.190.000
  5. Anak - Anak Wisatawan Mancabegara (umur dibawah 6 tahun   Rp.  95.000

No comments:

Post a Comment