Sunday, February 14, 2016

Ibu-Ibu Ketahuilah Ini Jawaban Mengapa Telur Tidak Boleh Dicuci Dulu Sebelum saat Dimasukan Ke Kulkas

Ibu-Ibu Ketahuilah Ini Jawaban Mengapa Telur Tidak Boleh Dicuci Dulu Sebelum saat Dimasukan Ke Kulkas - Info Kesehatan - Saat membeli telur dipasar terkadang kita menemukan telur dalam keadaan yg tidak bersih. Pada cangkang telur tampak ada sisa kotoran yang melekat. Sudah pasti hal itu bikin kita jijik. Biasanya beberapa ibu di rumah membersihkan telur terlebih dulu, sebelumnya telur-telur itu dimasukin ke kulkas. Bahkan juga ada yang menyikat atau membersihkan telur dengan sabun sampai bersih. Saya sendiri sering mengerjakannya. Tetapi sesudah tahu kalau hal semacam itu kurang baik serta dapat beresiko untuk kesehatan, jadi saya tak mengerjakannya lagi.


Menurut suatu riset, telur yang dicuci terlebih dulu malah bikin telur begitu gampang tercemari bakteri. bila telur di bersihkan baiknya segera di masak. Tak disimpan sekian hari di kulkas. “Protective Bloom” yaitu perlindungan alami yang Allah buat pada telur ayam membuat perlindungan telur dari bakteri Salmonella. Susunan ini dapat yang membuat perlindungan anak ayam dalam telur dari terinfeksi bakteri Salmonella ini. Bila kita mecuci telur, pori-pori pada kulit telur jadi terbuka, hingga rawan tercemar bakteri. Kita mungkin saja tidak bisa lihat pori-pori itu, namun dengan bersihkan kulit telur itu, bakal memudahkan isi telur rawan terinfeksi bakteri Salmonella.

ini jawaban mengapa telur tak bisa dicuci dahulu sebelumnya dimasukan ke kulkas
Di Inggris serta Uni Eropa, mereka melarang telur yang sudah dicuci untuk di jual. Namun lantaran banyak beberapa orang yang skeptis dengan telur yang ada kotoran ayam atau telur terlihat kotor, jadi mereka membersihkan telur itu serta menyemprotnya lagi dengan susunan lain untuk menghambat bakteri masuk. Oleh karenanya Bila anda beli telur di supermarket, anda bakal merasakan telur yang bersih serta mengkilat.

Bakteri yang bakal gampang masuk dalam sisi dalam telur yaitu bakteri salmonela. Salmonella adalah semacam bakteri jahat yang kadang-kadang ada didalam makanan termasuk juga ayam, tomat, guacamole, kacang tanah serta ada pada makanan hewan. Habitat yang subur untuk bakteri ini yaitu di dalam usus hewan serta manusia yang bisa mengakibatkan keracunan makanan. Bila terserang penyakit yang dikarenakan oleh bakteri Salmonella ini, resiko terburuk yang dihadapi yaitu infeksi usus serta mungkin saja mengakibatkan kematian. Dengan melindungi kebersihan kita dapat membuat perlindungan diri kita dari infeksi bakteri salmonela.

Bakteri Salmonella bersumber dari makanan yang datang dari hewan seperti daging, susu, ayam, product susu, telur serta makanan laut, juga sebagian type sayur serta buah-buahan. Oleh karenanya, kita tak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang 1/2 masak atau tak dimasak seutuhnya. Praktik mengonsumsi telur 1/2 masak yang kerap jadi menu sarapan di restoran-restoran adalah makanan yang kurang baik lantaran peluang untuk tercemar bakteri Salmonella begitu tinggi serta ini di kuatirkan bakal mengakibatkan keracunan makanan pada pelanggan.

Memasak dengan prima bisa membunuh bakteri Salmonella. Walau mencuci serta membersihkan buah adalah rutinitas yang baik sebelumnya menyantapnya, tetapi ini akan tidak dapat memberantas Salmonella terlebih waktu tengah mewabah. Bila ada peringatan dari Kementerian kesehatan tidak untuk mengonsumsi suatu hal makanan yang punya potensi terkontaminasi, jadi yaitu tambah baik tidak untuk konsumsi makanan itu baik dimasak atau tak.

Panduan berguna Bagaimanakah pilih serta menaruh Telur?

Waktu beli cermati keadaan telur dengan cermat, Tentukan telur yang utuh serta tidak retak.
Jauhi beli telur yang tidak ada tanggal kedaluwarsanya, Terkecuali Anda meyakini kalau penjual senantiasa beli telur-telur yang masihlah fresh.
Telur yang semakin besar mempunyai kulit yang lebih tidak tebal dibanding telur kecil. Jadi kulit telur yang tidak tebal semakin besar kesempatan untuk retak serta rawan pada bakteri.
Apabila ada telur yang kotor serta retak, mencucinya juga tidak membuatnya lebih aman. Lebih aman dibuang.
Janganlah membersihkan telur serta menyimpannya. Apabila telur dicuci, segera pakai serta dimasak. Sebab kulit telur yang dicuci bukan sekedar hilang susunan Protective Bloom-nya. Bahkan juga apabila bersihkan, pori-pori pada kulit telur jadi lembab, hingga bakteri lebih suka disana.
Taruh telur dalam wadah, tanpa ada dicuci serta taruh dalam almari es. Yakinkan semuanya makanan yang ada pada almari es mesti ditutup rapat.
Lantaran kulit telur berpori-pori halus, makanan yang kuat baunya (seperti durian) bisa mencemari telur. Karenanya lebih aman letakkan telur dalam wadah aslinya.
Argumen mengapa terkena menempatkan telur dalam wadah aslinya yaitu ada tanggal “best before” pada wadah itu. Tanpa ada wadah aslinya, kita tidak tahu tanggal kadaluarsa telur-telur itu.
Sinyal tanggal “best before”/kadaluarsa yang tercantum pada paket telur itu bermakna baik dalam keadaan telur itu disimpan dalam almari es. Apabila tidak menyimpannya dalam almari es, baiknya dipakai lebih awal dari tanggal kadaluarsanya.
Taruh telur di bagian dalam almari es, bukanlah di segi pintu almari es. Sebab pintu bakal kerap dibuka-tutup, jadi bakal terdapat beberapa pergantian suhu disitu. Ini tidak bagus untuk telur.

Mudah-mudahan berguna.. silakan sharing.. 

No comments:

Post a Comment